RPP Pembelajaran IPS di SD/MI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Tingkat Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Pokok Bahasan : Lingkungan Alam dan Buatan
Kelas / Semester : III / I
Tahun Pelajaran : 2014 / 2015
Alokasi
Waktu : 2 x 35 Menit
I.
Standar
Kompetensi
Memahami
lingkungan dan melaksanakan kerja sama di sekitar rumah dan sekolah.
II.
Kompetensi Dasar
Menceritakan
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah.
III.
Indikator
1.
Mengidentifikasi lingkungan dan
manfaat lingkungan.
2.
Menjelaskan contoh – contoh
lingkungan.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
selesai mengikuti proses pembelajaran siswa diharakan dapat:
1.
Memahami lingkungan alam dan
buatan yang ada di sekitar rumah dan sekolah.
2.
Mengetahui manfaat lingkungan
alam dan buatan yang ada di sekitar rumah dan sekolah.
3.
Menceritakan lingkungan alam dan
buatan yang ada di sekitar rumah dan sekolah.
Karakter siswa
yang diharapkan:
· Rasa
ingin tahu
· Mandiri
· Cinta
tanah air
· Peduli
lingkungan
· Kerja
keras
V.
Materi Pokok
Lingkungan alam adalah ingkungan
yang terbentuk secara alami.
Lingkungan buatan adalah lingkungan
yang sengaja dibuat oleh manusia.
VI.
Pendekatan, Metode,
dan Sumber Pembelajaran
Pendekatan :
Pembelajaran biasa
Metode :
Ceramah bervariasi, diskusi, tanya-jawab
Sumber : - KTSP 2006
-
Aktif Belajar IPS 3 (2012). Ahmad Zuber dan Lukman
Hakim. Penerbit: Platinum.
-
LKS Fokus IPS 3 (2012). Tim Chata Edukatif. Penerbit:
Sindunata.
VII.Kegiatan
Pembelajaran
Tahapan
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan
|
|
Guru
|
Siswa
|
||
Kegiatan Awal
|
10 menit
|
-
Mengucapkan salam
-
Berdo’a dan mengecek kehadiran
siswa
- Mengkondisikan
situasi belajar yang kondusif
- Melakukan
apersepsi
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
- Mengucapkan salam
- Berdo’a
- Terkondisikan
- Merespon apersepsi
- Menyimak
|
Kegiatan Inti
|
45 menit
|
-
Menjelaskan konsep lingkungan alam dan buatan
-
Bertanya jawab tentang konsep yang di pelajari
-
Membagikan LKS kepada setiap siswa
-
Meminta siswa untuk mengerjakan LKS
-
Meminta kepada siswa memeriksa hasil pekerjaannya bersama – sama
-
Meminta siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya
-
Menyimpulkan pelajaran
|
- Mendengarkan
- Menjawab pertanyaan
- Mengerjakan tugas
- Memeriksa hasil pekerjaan bersama – sama
- Mengumpulkan hasil pekerjaan
- Mendengarkan
|
Kegiatan Akhir
|
15 menit
|
-
Memberikan soal evaluasi akhir yang dikerjakan secara individu
-
Meminta siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya
-
Memberikan tindak lanjut berupa PR
-
Menutup pelajaran
|
-
Mengerjakan soal secara individu
-
Mengumpulkan hasil pekerjaan
|
VIII.
Evaluasi
Prosedur :
Ter proses dan tes akhir
Jenis Tes :
Tulisan
Alat tes :
Soal Evaluasi
A. TES PROSES
LEMBAR KERJA SISWA
Kerjakan soal di
bawah ini dengan tepat !
1.
Apa saja yang termasuk lingkungan
alam ?
2.
Apa saja yang termasuk lahan
pertanian ?
3.
Apa yang dimaksud lingkungan
buatan ?
4.
Sebutkan lingkungan nuatan yang
ada di sekolah !
5.
Sebutkan lingkungan alam yang ada
di desa !
B. TES AKHIR
EVALUASI
Berilah tanda
(√) centang pada kolom yang tepat !
No.
|
Nama Lingkungan
|
Lingkungan
|
|
Alam
|
Buatan
|
||
1.
|
Laut
|
||
2.
|
Gunung
|
||
3.
|
Jalan tol
|
||
4.
|
Sungai
|
||
5.
|
Jembatan
|
||
6.
|
Hutan
|
||
7.
|
Air mancur
|
||
8.
|
Bendungan
|
||
9.
|
Danau
|
||
10.
|
Bandara
|
C. Format Penilaian
Proses
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
dinilai
|
Jumlah
|
|
Kerjasama
|
Keaktifan
|
|||
1.
|
||||
2.
|
||||
3.
|
Keterangan
:
1.
Kerjasama
- Siswa
berpartisipasi dalam kelompoknya
- Siswa
berdiskusi bersama teman kelompoknya
- Menghargai
pendapat teman
2.
Keaktifan
- Siswa aktif
menjawab pertanyaan dari guru
- Siswa aktif
mengajukan jawaban
- siswa aktif
merespon pendapat teman kelompok lain
Kriteria
penskoran :
Skor 4 =
terdapat tiga indikator penilaian proses
Skor 3 =
terdapat dua indikator penilaian proses
Skor 2 =
terdapat satu indikator penilaian proses
Skor 1 = tidak
terdapat indikator penilaian proses
D. Format Penilaian
Evaluasi