RPP PLH KELAS IV

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

   Mata Pelajaran             :   Pendidikan Lingkungan Hidup
   Pokok Bahasan            :   Tabulampot
   Kelas / Semester          :   IV / 1
   Alokasi Waktu            :   2 x 35 menit


     A.    Standar Kompetensi
   7.      Memahami pembibitan, penanaman, pemeliharaan dan pengawasan lingkungan hidup (P4LH)

     B.     Kompetensi Dasar
   7.1    Mengenal tanaman bunga dalam pot (tabulampot)

     C.    Indikator
   7.1.1        Menyebutkan jenis-jenis bunga sebagai tanaman hias
   7.1.2        Mengelompokan jenis-jenis tanaman hias yang bisa ditanam dalam pot
   7.1.3        Menjelaskan manfaat menanam bunga dalam pot

     D.    Tujuan Pembelajaran
   1.      Siswa mampu menyebutkan jenis-jenis bunga sebagai tanaman hias.
   2.      Siswa mampu mengelompokan jenis-jenis tanaman hias yang bisa ditaman dalam pot.
   3.      Siswa mampu menjelaskan manfaat menanam bunga dalam pot.

     E.     Materi Pokok
   Jenis tanaman hias yang dapat ditanam di dalam pot ialah tanaman yang memiliki bunga dan 
   daunnya indah, yaitu mawar, kamboja, gelombang cinta, kumis kucing, cocor bebek dsb.

     F.     Metode dan Media Pembelajaran
   Metode   :  Ceramah, tanya jawab, penugasan
   Media     :  Potongan kertas, gambar tanaman

     G.    Langkah-langkah Pembelajaran
   1.      Pendahuluan (10 menit)
a.       Guru memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam, menyapa siswa, mengabsen dan mengkondisikan siswa pada situasi belajar yang kondusif.
b.      Guru bertanya jawab tentang materi yang sudah dipelajari.
c.       Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
d.      Guru menjelaskan langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan pada proses pembelajaran.
   2.      Kegiatan Inti (45 menit)
a.       Guru mempersiapkan media pembelajaran.
b.      Siswa diminta untuk membentuk 4 kelompok.
c.       Siswa berkumpul dengan teman sekelompoknya.
d.      Guru meminta siswa untuk mencari pasangan dari potongan kertas yang sudah dibagikan.
e.       Siswa diminta untuk menempel potongan kertas pada lembar yang sudah disediakan.
f.       Siswa menempelkan potongan kertas pada lembar yang sudah dipersiapkan.
g.      Guru meminta siswa untuk menceritakan potongan kertas yang sudah ditempael pada lembar yang sudah disediakan.
   3.      Kegiatan Penutup (15 menit)
a.       Guru meminta siswa untuk mengerjakan tugas secara berkelompok.
b.      Siswa mengerjakan soal tugas secara berkelompok.
c.       Siswa mengumpulkan hasil pekerjaananya.
d.      Guru menutup pembelajaran dengan membaca hamdallah dan salam.

     H.    Penilaian
   Prosedur        :  tugas kelompok
   Bentu tes       :  tulisan
   Alat tes         :  soal (lembar kelompok)

Ayo, temukan tanaman mana yang dapat ditanam di dalam pot beri tanda centang (v) pada kolom pilihanmu!
No.
Nama Tanaman
Dapat Ditanam di dalam Pot
Tidak Dapat Ditanam di dalam Pot
1
Pepaya


2
Lidah buaya


3
Bugenvil


4
Pisang


5
Mawar


6
Cemara


7
Kaktus


8
Belimbing


9
Strawberry


10
Wortel


11
Kuping gajah


12
Bunga dahlia


13
Anggrek


14
Kumis kucing


15
Singkong


16
Bunga sepatu


17
Cocor bebek


18
Mangga


19
Jagung


20
Kangkung



Nama Kelompok         : ........................................
Anggota                      1. ......................................           6...................................
                                    2. ......................................           7...................................
                                    3. ......................................
                                    4. ......................................

                                    5. ......................................

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

STRATEGI PENGEMBANGAN PROFESI GURU