RPP PLH KELAS IV
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran :
Pendidikan Lingkungan Hidup
Pokok Bahasan :
Tabulampot
Kelas / Semester :
IV / 1
A.
Standar Kompetensi
7.
Memahami
pembibitan, penanaman, pemeliharaan dan pengawasan lingkungan hidup (P4LH)
B.
Kompetensi Dasar
7.1
Mengenal
tanaman bunga dalam pot (tabulampot)
C.
Indikator
7.1.1
Menyebutkan
jenis-jenis bunga sebagai tanaman hias
7.1.2
Mengelompokan
jenis-jenis tanaman hias yang bisa ditanam dalam pot
7.1.3
Menjelaskan
manfaat menanam bunga dalam pot
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa
mampu menyebutkan jenis-jenis bunga sebagai tanaman hias.
2.
Siswa
mampu mengelompokan jenis-jenis tanaman hias yang bisa ditaman dalam pot.
3.
Siswa
mampu menjelaskan manfaat menanam bunga dalam pot.
E.
Materi Pokok
Jenis tanaman
hias yang dapat ditanam di dalam pot ialah tanaman yang memiliki bunga dan
daunnya indah, yaitu mawar, kamboja, gelombang cinta, kumis kucing, cocor bebek dsb.
F.
Metode dan Media Pembelajaran
Metode :
Ceramah, tanya jawab, penugasan
Media
: Potongan kertas, gambar tanaman
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Pendahuluan
(10 menit)
a.
Guru
memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam, menyapa siswa, mengabsen dan
mengkondisikan siswa pada situasi belajar yang kondusif.
b.
Guru
bertanya jawab tentang materi yang sudah dipelajari.
c.
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran.
d.
Guru
menjelaskan langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan pada proses
pembelajaran.
2.
Kegiatan
Inti (45 menit)
a.
Guru
mempersiapkan media pembelajaran.
b.
Siswa
diminta untuk membentuk 4 kelompok.
c.
Siswa
berkumpul dengan teman sekelompoknya.
d.
Guru
meminta siswa untuk mencari pasangan dari potongan kertas yang sudah dibagikan.
e.
Siswa
diminta untuk menempel potongan kertas pada lembar yang sudah disediakan.
f.
Siswa
menempelkan potongan kertas pada lembar yang sudah dipersiapkan.
g.
Guru
meminta siswa untuk menceritakan potongan kertas yang sudah ditempael pada
lembar yang sudah disediakan.
3.
Kegiatan
Penutup (15 menit)
a.
Guru
meminta siswa untuk mengerjakan tugas secara berkelompok.
b.
Siswa
mengerjakan soal tugas secara berkelompok.
c.
Siswa
mengumpulkan hasil pekerjaananya.
d.
Guru
menutup pembelajaran dengan membaca hamdallah dan salam.
H.
Penilaian
Prosedur : tugas kelompok
Bentu tes : tulisan
Alat tes : soal (lembar
kelompok)
Ayo, temukan
tanaman mana yang dapat ditanam di dalam pot beri tanda centang (v) pada kolom
pilihanmu!
No.
|
Nama
Tanaman
|
Dapat
Ditanam di dalam Pot
|
Tidak
Dapat Ditanam di dalam Pot
|
1
|
Pepaya
|
||
2
|
Lidah
buaya
|
||
3
|
Bugenvil
|
||
4
|
Pisang
|
||
5
|
Mawar
|
||
6
|
Cemara
|
||
7
|
Kaktus
|
||
8
|
Belimbing
|
||
9
|
Strawberry
|
||
10
|
Wortel
|
||
11
|
Kuping
gajah
|
||
12
|
Bunga
dahlia
|
||
13
|
Anggrek
|
||
14
|
Kumis
kucing
|
||
15
|
Singkong
|
||
16
|
Bunga
sepatu
|
||
17
|
Cocor
bebek
|
||
18
|
Mangga
|
||
19
|
Jagung
|
||
20
|
Kangkung
|
Nama Kelompok :
........................................
Anggota 1. ......................................
6...................................
2.
...................................... 7...................................
3.
......................................
4. ......................................
5.
......................................