RPP Pembelajaran Fiqih di MI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Fiqih
Materi Pelajaran : Wudhu
Kelas / Semester : I / II
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
Mengenal tata cara berwudhu.
B. Kompetensi Dasar
Menyebutkan tata cara berwudhu.
C. Indikator Pembelajaran
Menjelaskan tata cara berwudhu.
D. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat mengenal
tata cara berwudhu.
- Siswa dapat menyebutkan
tata cara berwudu.
E. Materi Pembelajaran
Tata
cara berwudhu:
1. Membaca “BISMILLAAHIR-RAHMAANIR-RAHIIM”, dilanjutkan membaca niat wudhu
2. Mencuci kedua tangan sampai pergelangan tangan ( 3 x )
3. Berkumur-kumur sambil membersihan gigi ( 3 x )
4. Mencuci lubang hidung ( 3 x )
5. Memcuci muka ( 3 x )
6. Mencuci kedua tangan sampai siku ( 3 x )
7. Membasahi sebagian rambut kepala ( 3 x )
8. Mencuci kedua telinga ( 3 x )
9. Dan yang terakhir, mencuci kedua kaki sampai mata kaki ( 3 x ).
F.
Kegiatan Belajar Mengajar
1. Metode Pembelajaran:
- Metode tanya jawab
- Metode ceramah
- Metode Penugasan
2. Langkah-langkah Kegiatan
a. Kegiatan Awal ( 10 menit )
1) Guru mengkondisikan siswa pada situasi belajar yang
kondusif.
2) Guru meminta siswa untuk berdo’a terlebih dahulu sebelum
memulai pelajaran.
3) Guru mengecek kehadiran siswa.
4) Guru melakukan apersepsi yang berkaitan dengan pemahaman
awal siswa tentang tata cara berwudhu.
5) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
6) Guru memberikan informasi tentang pembelajaran yang akan
dilakukan.
b. Kegiatan Inti ( 40 menit )
No
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
1.
|
Guru melakukan tanya
jawab untuk meningkatkan minat siswa dalam memulai pembelajaran tentang tata cara berwudhu.
|
Siswa merespon pertanyaan guru.
|
2.
|
Guru memberikan materi tentang tata cara berwudhu.
|
Siswa menyimak dan memperhatikan penjelasan guru.
|
3.
|
Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dibahas.
|
Siswa bersama guru menyimpulkan materi yang telah dibahas.
|
a. Kegiatan Akhir ( 20 menit )
1) Guru memberikan penilaian untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami
tata cara berwudhu.
2) Siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal.
3) Siswa mengumpulkan lembar soal.
4) Guru memberikan informasi tentang materi yang
akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
G. Alat dan Sumber Pembelajaran
2. Sumber : buku paket fiqh, artikel, ensiklopedi islam dan sumber belajar
lain.
H. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
- Menyebutkan urutan wudhu yang kedua.
- Menyebutkan
urutan wudhu yang ketiga.
- Menyebutkan
jumlah memcuci muka.
- Meneyebutkan
urutan wudhu yang pertama.
|
Tes tulis
|
Uraian
|
- Apa urutan
wudhu yang kedua?
- Apa urutan wudhu yang ketiga?
- Berapa kali
mencuci muka?
- Sebutkan urutan
wudhu yang pertama!
|
Kriteria Penilaian
Setiap jawaban siswa yang benar dan lengkap memperoleh skor 25, apabila kurang lengkap memperoleh skor 10.
Skor maksimal yang diperoleh siswa
adalah 100.
Skor yang diperoleh setiap siswa diolah
dengan menggunakan rumus sebagai berikut:
Skor yang dicapai x 10 = nilai akhir
Skor Maksimal
Mengetahui Cirebon, April 2015
Dosen Pengampu Mata Kuliah Mahasiswa,
Pembelajaran Fiqih di MI
Drs. Raihan, M.Ag. Ihat Majid
NIP 19660930 199502 1 001 NIM 1413173042
LEMBAR KERJA SISWA
Kerjakan soal dibawah ini dengan tepat!
1. Apa urutan wudhu yang kedua?
2. Apa urutan wudhu
yang ketiga?
3. Berapa kali mencuci muka?
4. Sebutkan urutan wudhu yang pertama!
Semoga Bermanfaat.
Salam!
Ihat Majid
with love