RPP AL-QUR'AN HADIST

Mata Pelajaran  : Al-qur'an Hadist 
Kelas / Semester : V / 2
Alokasi Waktu  :   2 x 35 Menit

I.          Standar Kompetensi
3.              Menghafal surat-surat pendek secara benar dan fasih

II.       Kompetensi Dasar
3.1         Membaca surat al-‘Alaq secara benar dan fasih

III.    Materi Pembelajaran
§  Surat al-‘Alaq

IV.    Metode Pembelajaran
§  Ceramah bervariasi
§  Pemodelan  
§  Tanya-jawab
§  Penugasan

V.        Langkah-langkah Pembelajaran
Tahapan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Guru
Siswa
Kegiatan
Awal
10
menit
-   Mengucapkan salam

-   Berdo’a dan mengecek kehadiran siswa

-   Mengkondisikan situasi belajar yang kondusif

-   Melakukan apersepsi

-   Menyampaikan tujuan pembelajaran
- Mengucapkan salam

- Berdo’a


- Terkondisikan


- Merespon apersepsi

- Menyimak
Kegiatan
Inti
45 menit
- Menjelaskan surat al-‘Alaq mulai dari identitas surat, pengertian surat, nama surat, dan tempat diturunkannya surat.
- Melafalkan surat al-A’laq

- Meminta siswa berulang-ulang melafalan surat al-A’laq dengan benar dan fasih

- Membagi siswa menjadi beberapa kelompok

- Meminta siswa melafalkan surat al-A’laq bersama kelompoknya secara acak

- Meminta siswa melafalkan surat al-A’laq dengan cara bergantian disimak oleh teman kelompoknya
- Menyimak




- Mendengarkan

- Melafalkan surat al’A’laq berulang-ulang



- Merespon


- Melafalkan surat al’A’laq bersama kelompoknya


- Merespon
Kegiatan
Akhir
15
menit
- Mengulang kembali pelafalan surat al-A’laq ayat demi alat yang diikuti oleh siswa

- Mengadakan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari

- Menutup pelajaran

- Merespon mengikuti pelafalan guru



- Menjwawab pertanyaan

VI.    Sumber Belajar
§  Al-Qur’an
§  Buku paket kelas V
§  Buku-buku yang relevan



VII. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
§  Melafalkan tiap ayat dari surat Al-‘Alaq
§  Membaca tiap ayat surat Al-‘Alaq
§  Membaca surat Al-‘Alaq secara keseluruhan
Tes lisan
Unjuk kerja
Sebutkan surat Al-‘Alaq secara keseluruhan!

Mengetahui,                                                                                        Cirebon, April 2015
Kepala Madrasah                                                                                Guru Bidang Studi




.....................................                                                                       .....................................

NIP.                                                                                                    NIP. 

Postingan populer dari blog ini

RPP PLH KELAS IV

MAKALAH PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

STRATEGI PENGEMBANGAN PROFESI GURU