RPP AL-QUR'AN HADIST
Mata Pelajaran : Al-qur'an Hadist
Kelas / Semester : V / 2
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
I.
Standar Kompetensi
3.
Menghafal
surat-surat pendek secara benar dan fasih
II.
Kompetensi Dasar
3.1
Membaca surat al-‘Alaq secara benar dan fasih
III.
Materi Pembelajaran
§ Surat al-‘Alaq
IV.
Metode Pembelajaran
§ Ceramah bervariasi
§ Pemodelan
§ Tanya-jawab
§ Penugasan
V.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Tahapan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
|
|
Guru
|
Siswa
|
||
Kegiatan
Awal
|
10
menit
|
- Mengucapkan salam
- Berdo’a dan
mengecek kehadiran siswa
- Mengkondisikan
situasi belajar yang kondusif
- Melakukan
apersepsi
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
- Mengucapkan salam
- Berdo’a
- Terkondisikan
- Merespon apersepsi
-
Menyimak
|
Kegiatan
Inti
|
45
menit
|
- Menjelaskan surat
al-‘Alaq mulai dari identitas surat, pengertian surat, nama surat, dan tempat
diturunkannya surat.
- Melafalkan
surat al-A’laq
- Meminta siswa
berulang-ulang melafalan surat al-A’laq dengan benar dan fasih
- Membagi siswa
menjadi beberapa kelompok
- Meminta siswa melafalkan
surat al-A’laq bersama kelompoknya secara acak
- Meminta siswa
melafalkan surat al-A’laq dengan cara bergantian disimak oleh teman
kelompoknya
|
-
Menyimak
-
Mendengarkan
-
Melafalkan surat al’A’laq berulang-ulang
-
Merespon
- Melafalkan surat al’A’laq bersama
kelompoknya
- Merespon
|
Kegiatan
Akhir
|
15
menit
|
- Mengulang kembali pelafalan surat
al-A’laq ayat demi alat yang diikuti oleh siswa
- Mengadakan tanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari
- Menutup pelajaran
|
- Merespon mengikuti pelafalan guru
- Menjwawab pertanyaan
|
VI.
Sumber Belajar
§ Al-Qur’an
§ Buku paket kelas V
§ Buku-buku yang relevan
VII. Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Jenis
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Contoh
Instrumen
|
§ Melafalkan
tiap ayat dari surat Al-‘Alaq
§ Membaca tiap
ayat surat Al-‘Alaq
§ Membaca surat
Al-‘Alaq secara keseluruhan
|
Tes
lisan
|
Unjuk
kerja
|
Sebutkan
surat Al-‘Alaq secara keseluruhan!
|
Mengetahui, Cirebon,
April 2015
Kepala Madrasah Guru
Bidang Studi
..................................... .....................................
NIP. NIP.