Observasi Pembelajaran IPA di MI
Assalamu'alaikum everyone. Alhamdulillah tugas laporan observasi mata kuliah pembelajaran IPA di MI sudah rampung. Observasi ini, membahas tentang bagaimana proses pembelajaran, khususnya
pada pembelajaran IPA di kelas awal yang berlangsung di Madrasah Ibtidaiyah PGM, Kota Cirebon,
mengenai strategi, media, metode dan
pendekatan.
Saya mengamati proses
belajar mengajar di Kelas II MI PGM, Kota Cirebon. Sebelum mengamati proses pembelajaran di kelas saya mewawancarai guru kelas II
untuk mendapatkan informasi seputar kegiatan belajar mengajar. Ternyata MI PGM Kota Cirebon menggunakan kurikulum 2013
untuk kelas I dan IV, sedangkan untuk kelas II dan III menggunakan kurikulum KTSP
. Menurut penuturan pak Ahmad Sujaedin selaku Kepala MI PGM Kota Cirebon,
karena sekolah masih baru sekitar empat tahun tentunya, sekolah memiliki empat
kelas jadi untuk pelaksanaan pembelajaran menggunakan kurikulum KTSP untuk
kelas II dan III sedangkan untuk kelas I dan IV menggunakan kurikulum 2013.
Media
yang digunakan
berupa buku paket pelajaran yang disesuaikan dengan pokok bahasan, Lembar Kerja Siswa sebagai
latihan, alat peraga dan
berbagai macam gambar yang disesuaikan dengan pokok bahasan.
Metode
pelajaran yang pernah digunakan: metode ceramah, metode tanya jawab, metode cerita, metode penugasan, metode
bermain peran, metode latihan dan pembiasaan.
Pendekatan yang pernah digunakan: pendekatan yang berpusat pada guru (teacher centered) dan
pendekatan yang berpusat pada siswa (student
centered).
Model pembelajaran yang pernah
digunakan: model pembelajaran kontekstual (contekstual teaching and
learning), model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) dan
model pembelajaran experiential learning.
Siswa menyimak penjelasan dari guru.
Murid mengerjakan tugas.
Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.